Artikel

3 Minuman Sehat untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

22 Jan 2023

TEKANAN darah tinggi bisa dipicu oleh makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ini 3 minuman yang bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi. 

Tekanan darah tinggi menjadi pemicu utama penyakit jantung. Makanya, penderita tekanan darah tinggi harus segera diberikan obat dan perawatan yang tepat.

Mengutip dari NDTV, gaya hidup yang buruk dan stres bisa memicu naiknya tekanan darah. Tidak hanya itu, pola makan yang buruk juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.  Penderita tekanan darah tinggi disarankan untuk menjalankan diet. Alasannya, diet yang sehat dan seimbang bisa membantu menurunkan dan mengontrol tekanan darah. 

Selain itu, penderita bisa mengonsumsi minuman tertentu untuk menurunkan dan mengelola tekanan darah tinggi.  

Berikut 3 jenis minuman sehat yang bermanfaat mengelola tekanan darah tinggi bila diminum setiap hari. 

  1. Jus jeruk 

Jus jeruk merupakan sumber vitamin C terbaik. Minum secangkir jus jeruk segar setiap pagi bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.  Berdasarkan hasil penelitian dan jurnal kesehatan, konsumsi buah yang kaya vitamin C bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi.  Selain itu, jus jeruk membuat pembuluh darah menjadi lunak dan lentur yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

  1. Air madu 

Sesuai dengan Ayurveda, madu dan air bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi.  Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup tambahkan satu sendok teh madu dan 5-10 tetes cuka sari apel ke dalam secangkir air panas.  Anda sebaiknya minum air madu tersebut setiap pagi secara rutin.  Sekedar info, air madu juga bisa menurunkan kadar kolesterol, mempertahankan vasodilatasi, dan membantu mengatur tekanan darah. 

  1. Susu rendah lemak 

Susu rendah lemak, tinggi potasium, dan kalsium bisa membantu mengelola tekanan darah.  Kalsium dalam susu bisa membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi dengan menjaga elastisitas pembuluh darah.

Konsultasikan Kesehatan Anda dan keluarga di UniMedika Sumber Waras Cirebon, Selalu Ada Untuk Anda. Kunjungi website kami di www.unimedika.com  (***)

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami