Artikel

7 Cara Mencegah Cedera Saat Berolahraga

14 Feb 2022

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin. Namun, agar olahraga yang dilakukan tidak mengalami cedera, perlu memperhatikan beberapa faktor. Berikut ini dijelaskan mengenai cara mencegah cedera saat berolahraga.

Penyebab Cedera Saat Berolahraga

Ada beberapa faktor yang menyebabkan cedera saat berolahraga, yaitu:

  • Berolahraga ketika tubuh dalam kondisi tidak sehat
  • Tidak memakai peralatan yang tepat
  • Tidak ada jeda istirahat di satu sesi olahraga
  • Tidak pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah olahraga

Jenis Cedera Saat Berolahraga

Secara umum ada beberapa jenis cedera yang mungkin bisa timbul saat berolahraga, seperti:

  • Tendinitis
  • Patah tulang
  • Cedera lutut
  • Cedera tulang kering
  • Cedera bahu
  • Pergelangan kaki atau tangan terkilir
  • Otot tertarik

Cara Mencegah Cedera Saat Berolahraga

Setiap orang pasti tidak ingin mengalami cedera saat berolahraga, oleh sebab itu perlu memperhatikan dan melakukan tahapan yang benar agar terhindar dari cedera ketika berolahraga. Berikut beberapa ini tips cara mencegah cedera saat berolahraga:

1. Minum yang Cukup

Cara mencegah cedera saat berolahraga adalah dengan menyiapkan air minum dan mengonsumsinya dengan cukup, karena untuk mencegah terjadi dehidrasi yang berisiko olahraga menjadi tidak fokus dan menyebabkan cedera.

2. Hindari Olahraga Berlebihan

Kemudian cara mencegah cedera saat berolahraga berikutnya yakni, meluangkan waktu untuk beristirahat. Aturlah waktu olahraga dan durasi saat melakukan olahraga. Lakukanlah olahraga yang bervariasi (misalnya, minggu pertama lari untuk tiga kali dalam seminggu)  agar dapat melatih kelompok otot yang berbeda, sehingga kesehatan tubuh lebih maksimal. Jangan lupa, sediakan waktu untuk beristirahat di sela berolahraga.

3. Pemanasan dan Pendinginan

Selain yang disebutkan di atas, cara mencegah cedera saat berolahraga selanjutnya yaitu, jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga agar darah mengalir dengan lancar dan melemaskan otot tubuh. Kemudian setelah berolahraga, hal yang juga penting untuk dilakukan adalah melakukan pendinginan untuk menormalkan kembali otot tubuh.

4. Memakai Peralatan Olahraga yang Tepat

Lalu, cara mencegah cedera saat berolahraga lainnya yang juga bisa dilakukan adalah, menyesuaikan peralatan olahraga yang tepat dengan jenis olahraga yang dilakukan. Karena setiap jenis olahraga mempunyai peralatan yang berbeda. Jangan lupa juga untuk memastikan peralatan pendukung olahraga dalam kondisi yang baik dan tahu cara menggunakannya dengan tepat.

5. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Cara mencegah cedera saat berolahraga berikutnya yakni mengetahui kondisi tubuh kita dan usia untuk menentukan jenis olahraga yang sesuai. Jika baru memulai olahraga, disarankan melakukan olahraga yang ringan.

6. Didampingi Pelatih Olahraga yang Profesional

Hal lain yang bisa dilakukan dalam mencegah cedera saat berolahraga adalah, khusus bagi pemula dapat didampingi pelatih profesional saat melakukan olahraga. Dengan demikian setiap teknik atau gerakan olahraga, termasuk penggunaan peralatan olahraga bisa dilakukan dengan tepat.

7. Berkonsultasi ke Dokter

Yang juga tak kalah penting untuk mencegah cedera saat berolahraga yakni, jika seseorang mempunyai suatu kondisi atau penyakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum melakukan olahraga. Karena dokter bisa memberikan saran olahraga yang sesuai untuk dilakukan. Selain itu, jika mengalami pusing, sakit dada, napas yang tidak normal, atau pingsan, segeralah mendatangi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara mencegah cedera saat berolahraga, sehingga olahraga yang dilakukan pun bisa mendapatkan manfaat dan terhindar dari cedera.

Apabila ingin berkonsultasi dengan dokter kami silahkan menghubungi di call center UniMedika Setu Bekasi (62-21) 825 92 888 atau kunjungi website kami www.unimedika.com

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami