Artikel

Asupan Yang Baik Bagi Ibu Hamil

31 Oct 2021

Kehamilan untuk memberikan yang terbaik buat buah hati sangat di perhatikan orang tua, untuk itu pola makan dan olahraga serta menjaga kehamilan tetap rutin. Asupan yang baik bagi ibu hamil diantaranya Protein adalah nutrisi untuk ibu hamil yang sangat penting untuk memperbaiki jaringan, sel, dan otot yang mengalami kerusakan, Karbohidrat,  Lemak, Serat, Zat besi, Asam folat, Kalsium,  Vitamin D.

Berapa penambahan energi per trimester ibu hamil?

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi tahun 2012, pada orang Indonesia untuk ibu hamil trimester 1, penambahan kebutuhan energi yaitu 180 kal/ hari. Untuk ibu hamil trimester kedua dan ketiga, penambahan kebutuhan energi yaitu 300 kal/ hari. 180 kal setara dengan 100 gr nasi.

Kenapa gizi Penting Untuk ibu hamil?

Asupan nutrisi merupakan hal yang sangat penting dalam kehamilan. Jika kebutuhan gizi ibu hamil tidak tercukupi, maka berat badan ibu dan janin akan susah bertambah. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan ibu maupun janin. Oleh karena itu, gizi ibu hamil harus selalu diperhatikan.

Berapakah peningkatan kebutuhan protein ibu hamil?

Ibu hamil membutuhkan sekitar 75 gram protein setiap harinya, lebih banyak 25 gram dibandingkan yang lain. Menambahkan protein ke dalam makanan merupakan cara yang efektif untuk menambah kalori sekaligus memenuhi kebutuhan protein

Apa resiko kurang gizi pada ibu hamil?

Tak hanya berisiko untuk melahirkan bayi dengan berat badan rendah, kurang gizi saat hamil juga bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi. Hal ini dikaitkan dengan kurangnya asupan asam folat selama kehamilan yang menyebabkan perkembangan janin dalam kandungan terganggu, sehingga janin mengalami kecacatan.

Berapakah kebutuhan asupan energi tambahan untuk ibu hamil selama dua trimester akhir ?

Pada usia ini, diharapkan calon ibu menambah asupan sekitar 300 kalori per hari untuk tambahan energi yang dibutuhkan untuk tumbuh-kembang janin. Upayakan mengonsumsi camilan yang sehat 3-4 kali sehari dengan porsi sedang.

Apa saja tanda bahaya pada ibu hamil?

Tidak Mau Makan dan Muntah Terus-Menerus, Mengalami Demam Tinggi, Pergerakan Janin di Kandungan Kurang, Beberapa Bagian Tubuh Membengkak, Terjadi Pendarahan, Air Ketuban Pecah Sebelum Waktunya.

Jangan lupa sahabat UniMedika untuk rutin kontrol kehamilasn dengan USG di Unimedika Sepatan Mulia Tangerang, silahkan membuat janji melalui www.unimedika.com

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami