Artikel

Bahaya Demam Berdarah Pada Anak

06 Dec 2021

Demam Berdarah yang ringan dapat menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Sedangkan penyakit demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorrhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba drastis dan bahkan bisa berujung kematian. Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue. 

Penyakit DBD termasuk penyakit menular, sehingga sangat mungkin beberapa anggota keluarga yang serumah terkena penyakit yang sama. Namun, penularannya tidak seperti penyakit pilek dari satu orang yang terinfeksi ke orang sehat di sekitarnya. Jika Anda pernah menderita demam berdarah  Dengue kemudian sembuh, masih ada kemungkinan Anda terjangkit  lagi oleh virus dengue. Ahli medis menyebutkan, DBD  yang terjadi untuk kedua kalinya memiliki tingkat sakit lebih berat dibanding DBD sebelumnya. 

Artinya, seseorang dapat mengalami gejala DBD  dalam 4-7 hari setelah digigit nyamuk. Barulah setelah  masa inkubasi setelah, tubuh akan mulai menunjukkan gejala  awal penyakit. Berikut ini beberapa gejala DBD  yang dapat terjadi setelah masa inkubasi setelah: Demam tinggi (mencapai 40 derajat Celcius).

Demam berdarah dengue merupakan satu diantara berbagai penyakit yang menyerang anak saat musim hujan. Di Indonesia sendiri, kasus DBD masih terbilang cukup tinggi. Penyakit menular ini disebabkan oleh virus dengue  yang ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk betina Aedes aegypti dan Aedes albopictus. 

Bagaimana tanda tanda anak yang terkena demam berdarah?

  • Sakit kepala yang parah.
  • Nyeri di belakang mata.
  • Nyeri pada tulang, otot, dan sendi.
  • Ruam atau bintik-bintik merah di sebagian besar tubuh (dimulai pada hari ketiga)
  • Mual dan muntah.
  • Pembengkakan pada kelenjar.

Nah, bagi Anda di wilayah Sepatan Tangerang yang kebingungan mencari dokter saat ada anak atau anggota keluarga memiliki gejala DBD, Anda bisa mengunjungi dan mencari tahu jadwal dokter di Rumah Sakit Unimedika Sepatan Mulia Tangerang. 

Atau, Anda juga bisa mengetahui Rumah Sakit Unimedika Sepatan Mulia Tangerang dengan menghubungi nomor telepon (021) 59371801, WhatsApp 081382315497. Juga bisa diakses melalui www.unimedika.com. Rumah sakit Unimedika Sepatan Mulia Tangerang berada di lokasi Jl. Raya Pakuhaji No.3, RT.002/ RW.001, Sepatan, Kec. Sepatan, Tangerang. Banten 15520.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami