Artikel

Cara Mendeteksi Gejala Dan Mengobati Kanker Prostat

21 Feb 2022

Jenis kanker yang dialami pada pria ini terjadi di dalam kelenjar prostat dan ditandai dengan gangguan buang air kecil. Kanker prostat biasanya diderita di atas usia 65 tahun, tapi penyakit ini tidak agresif dan timbul secara perlahan. Berikut ini dijelaskan mengenai gejala dan cara mengobati kanker prostat.

Prostat merupakan kelenjar kecil yang berada di area dasar kandung kemih. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem reproduksi dan letaknya mengelilingi saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke penis. Prostat berfungsi sebagai penghasil semen, yang merupakan cairan yang dikeluarkan bersama sperma ketika ejakulasi.

Jenis Kanker Prostat

Untuk mengetahui jenis kanker prostat tergantung pada tipe sel tempat asal kanker berkembang. Di bawah ini beberapa jenis kanker prostat, yaitu:

1. Sel Kanker Prostat Kecil

Jenis kanker prostat yang termasuk dalam kanker neuroendokrin ini berkembang di sel-sel kecil prostat.

2. Sel Kanker Skuamosa

Kemudian jenis kanker prostat berikutnya adalah sel kanker skuamosa, yang timbul dan berkembang di sel-sel pipih yang menyelimuti prostat. Jenis kanker ini pertumbuhan dan penyebarannya lebih cepat dibanding sel-sel kanker jenis adenokarsinoma.

3. Sel kanker Urotelial

Selanjutnya adalah sel kanker transisional atau urotelial yang berkembang di sel-sel di lapisan saluran kencing atau ureta. Jenis ini biasanya berawal di kandung kemih dan menyebar ke prostat. Sel ini mungkin timbul pertama kali di kelenjar prostat dan menyebar ke saluran kandung kemih, serta jaringan-jaringan di sekelilingnya.

4. Adenokarsinoma Duktal

Jenis kanker prostat ini pertama kali timbul di sel-sel yang melapisi tabung atau saluran kelenjar prostat. Kanker adenokarsinoma duktal berkembang dan menyebar lebih cepat dibanding adenokarsinoma asinar.

5. Jenis Kanker Prostat yang Lain

Ada beberapa jenis sel kanker lain yang bisa timbul di kelenjar prostat, yakni:

  • Sarkoma
  • Karsinoid

6. Adenokarsinoma Asinar

Jenis kanker adenokarsinoma asinar merupakan sel kanker yang berkembang di sel-sel kelenjar yang melapisi prostat. Jenis kanker ini paling sering ditemui pada penderita kanker prostat.

Faktor Risiko Kanker Prostat

Penyakit yang bisa dialami pria pada hampir berbagai golongan usia ini, memiliki beberapa faktor risiko yang dapat terserang kanker prostat, yaitu:

  • Sempat menjalani operasi vasektomi
  • Pernah menderita kanker di area tubuh lain
  • Pengidap penyakit seksual menular
  • Perokok aktif
  • Kebiasaan makan daging merah dan makanan atau minuman dengan kalsium tinggi
  • Obesitas
  • Anggota keluarga yang mempunyai riwayat kanker prostat
  • Usia di atas 50-60 ke atas

Gejala Kanker Prostat

Ada beberapa gejala kanker prostat yang biasanya terjadi, seperti:

  • Masalah ereksi
  • Darah atau sperma timbul di urine
  • Urine bocor (setelah buang air kecil)
  • Sulit buang air kecil
  • Terbangun pada malam hari untuk buang air kecil
  • Terlalu sering buang air kecil

Pengobatan Kanker Prostat

Pemberian pengobatan kanker prostat tergantung pada tingkat keparahan, penyebaran sel kanker, dan kondisi kesehatan. Jika seseorang terdiagnosis kanker prostat berisiko rendah, panderita dapat menjalani check up rutin, seperti tes darah, tes rektum, dan biopsi.

Sedangkan jika sel kanker berkembang dan memasuki stadium yang lebih tinggi, penderita bisa menjalani pengobatan, seperti:

1. Cryotherapy

Pengobatan kanker prostat ini dilakukan dengan menggunakan suhu yang sangat dingin untuk membekukan dan membunuh sel kanker, serta sebagian besar kelenjar prostat.

2. Imunoterapi

Cara mengobati kanker prostat lain yang bisa dilakukan adalah dengan imunoterapi. Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Salah satu jenis imunoterapi untuk stadium lanjut adalah sipuleucel-T.

3. Terapi Hormon

Selain pengobatan kanker prostat di atas, cara lain juga bisa dilakukan dengan terapi hormon. Terapi ini dilakukan dengan cara menghentikan produksi hormon testosteron di dalam tubuh. Ini disebabkan karena pertumbuhan sel kanker prostat sangat bergantung pada hormon testosteron.

4. Kemoterapi

Pengobatan kanker prostat selanjutnya yaitu kemoterapi. Obat kemoterapi digunakan untuk membunuh sel-sel kanker. Cara pengobatan ini yakni obat bisa dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara disuntik atau diminum dalam bentuk pil.

Pengobatan kemoterapi berguna untuk penderita kanker stadium akhir dan untuk penderita yang tidak menunjukkan tanda-tanda pemulihan setelah melakukan terapi hormon.

5. Radioterapi

Terapi untuk mengobati kanker prostat yaitu radioterapi, yang dilakukan dengan menggunakan energi berkekuatan tingggi untuk membunuh sel-sel kanker. Terapi radiasi untuk prostat ini biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu radiasi dari luar tubuh dan radiasi dari dalam tubuh.

6. Operasi

Pengobatan kanker prostat dengan prosedur operasi (prostatektomi radikal) ini dilakukan dengan cara mengangkat kelenjar prostat dan sebagian jaringan di sekitarnya. 

Itulah penjelasan tentang gejala dan cara mengobati kanker prostat. Jangan lupa untuk melakukan konsultasi ke dokter untuk jenis pengobatan yang sesuai dengan kondisi.

Bila ingin berkonsultasi bisa datang atau mengunjungi website kami di www.unimedika.com.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami