Artikel

Cara Mengatasi Rasa Mual karena Asam Lambung

23 Jan 2023

CARA menghilangkan rasa mual karena asam lambung naik penting diketahui. Pasalnya, mual adalah salah satu gejala asam lambung naik yang sering dialami penderitanya. Cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung naik dapat dilakukan tanpa harus minum obat. Cara menghilangkan rasa mual akibat asam lambung ini bisa menjadi alternatif jika asam lambung kambuh.

Namun, jika rasa mual tak kunjung reda, pasien lebih baik menghubungi dokter. Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa mual karena asam lambung naik?  

Healthline menyatakan ada beberapa cara menghilangkan rasa mual, karena asam lambung naik. Ini bisa menjadi solusi jika tidak tersedia obat-obatan di rumah. Berikut makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung:

  1. Bawang

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung yang pertama adalah bawang.  Baik bawang merah, bawang putih, atau bombay, ternyata bisa melemahkan otot pada kerongkongan bagian bawah melemah. 

Alhasil, asam lambung mudah naik kembali ke kerongkongan hingga memicu gejala maag.  

Makanan pemicu asam lambung yang satu ini ternyata mengandung zat yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan, seperti sering sendawa.  Sendawa adalah salah satu gejala asam lambung dan bisa memperburuk kenaikan asam lambung bila dibiarkan. 

  1. Kafein

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung yang kedua adalah kafein. Sebisa mungkin hindari kafein atau membatasi asupannya guna mencegah gejala asam lambung bertambah parah. Pasalnya, kafein dilaporkan dapat melemahkan otot pada katup kerongkongan bagian bawah. Akibatnya, asam lambung pun bisa naik kembali ke kerongkongan dan memicu gejala yang mengganggu. 

   3. Makanan pedas

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung yang selanjutnya adalah makanan pedas.   Konsumsi makanan pedas juga bisa termasuk dalam daftar pantangan untuk orang yang mengalami asam lambung.  Umumnya, rasa pedas dari suatu makanan berasal dari cabai. Cabai mengandung zat yang disebut capsaicin di dalamnya, yaitu ekstrak alkaloid yang memberikan rasa pedas pada cabai.  

Selain memberikan rasa pedas, capsaicin juga bisa memperlambat kerja sistem pencernaan.  Jika hal ini terjadi pada orang yang sakit maag, tentu gejalanya akan lebih buruk mengingat proses pencernaannya memakan waktu lebih lama.

  1. Tomat

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung yang keempat adalah tomat. Pasalnya, kandungan asam sitrat dan asam malat pada tomat dapat memicu kenaikan asam lambung yang menjadi penyebab maag. Konsumsi tomat dalam jumlah yang terlalu banyak dapat memengaruhi sistem pencernaan.  Akibatnya, asam lambung akan naik ke kerongkongan yang dapat menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan. 

  1. Alkohol

Makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung yang kelima adalah alkohol. Sama halnya dengan kopi dan soda, minuman beralkohol seperti bir atau anggur juga dapat berkontribusi sebagai penyebab munculnya maag.

Mengapa demikian? Konsumsi minuman beralkohol berulang kali dan dalam jumlah yang banyak dapat mengiritasi hingga mengikis lapisan perut. Akibatnya, lapisan perut lebih rentan terhadap asam lambung yang membuat perut lebih sensitif terhadap asam. 

Cobalah untuk tertib menghindari makanan pantangan seperti makanan berlemak tinggi, makanan pedas, dan buah-buahan, sayuran, dan minuman tertentu. Anda juga bisa mengalami gejala asam lambung setelah minum obat atau suplemen tertentu. Jika kondisi ini terjadi, bicarakan dengan dokter kasmi di UniMEdika Sepatan Tangerang atau kunjungi website kami di www.unimedika.com  (***)



Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami