Artikel

Hamil Anak Pertama? Jangan Stres, Konsultasikan dengan Dokter Kandungan Berpengalaman di Cirebon

22 Jan 2022

Stres saat hamil menjadi hal yang wajar. Apalagi jika hamil anak pertama. Jangan stres. Bagi Anda yang tinggal di wilayah Cirebon, konsultasikan saja semuanya dengan dokter kandungan yang berpengalaman. 

Karena meski wajar, namun stres berkepanjangan dan ekstrem bisa menyebabkan dampak serius. Ini beberapa cara mengatasi stres saat hamil anak pertama :

1. Istirahat yang cukup

Jika Anda merasa lelah, tidur lebih awal akan lebih baik. Karena tidur menjadi penting bagi kesehatan mental, termasuk mendukung kehamilan yang sehat.

2. Jalin ikatan dengan bayi

Usia kehamilan sekitar minggu-23, bayi dapat mendengar suara. Nah, di saat ini coba Anda ajak bicara bayi di dalam kandungan untuk menjalin ikatan. Ini bisa membantu Anda merasa lebih positif.

3. Minta Bantuan

Khawatir tentang masa depan bayi atau hal lainnya? Anda bisa menyampaikannya ke psikolog atau bantuan bidan. Jangan takut untuk mengutarakan semua perasaan yang sedang Anda alami.

4. Konsumsi makanan bergizi dan perbanyak minum air putih

Konsumsi makanan bergizi bisa membantu Anda terhindar dari stres. Karena kebutuhan nutrisi yang cukup bisa mengurangi tekanan darah sehingga janin menjadi lebih nyaman.

6. Olahraga secukupnya

Meski Anda sedang hamil, tapi masih tetap bisa berolahraga ringan. Olahraga sangat baik untuk mencegah stres dan penyakit lainnya. Olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti jalan kaki dan senam hamil.

6. Atur waktu 

Stres juga bisa disebabkan dari lingkungan kerja dan saat berangkat kerja. Jadi, bagi Anda yang hamil dan masih bekerja, sebaiknya mengatur waktu dengan bijak. Anda bisa mengambil cuti, atau atur waktu untuk beristirahat.

7. Nikmati udara segar

Udara pagi lebih segar ketimbang di waktu lainnya. Oleh karena itu, pagi hari sangat bagus untuk menikmati udara segar. Menikmati udara segar ini bisa Anda lakukan sambil berolahraga ringan seperti jalan kaki.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh apa saja yang perlu dilakukan saat hamil anak pertama, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan berpengalaman di Rumah Sakit Unimedika Sumber Waras Cirebon. Caranya, hubungi nomor telepon (0231) 341079, WhatsApp 081324240912. Atau, Anda juga mengaksesnya di www.unimedika.com.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami