Artikel

Hindari Empat Kebiasaan Ini agar Badan Tak Gemuk

21 Jan 2023

APAKAH kamu termasuk orang yang memiliki masalah berat badan? Sudah mengurangi jumlah porsi makan, bahkan tidak mengonsumsi fast food, tetapi berat badan tak kunjung turun. Mungkin sumber masalahnya ada pada kebiasaan pagimu yang kurang sehat. 

Momen bangun tidur pada pagi hari merupakan awalan untuk kamu melakukan banyak hal di hari itu. Makanya, penting untuk membangun kebiasaan baik saat kamu masih mengantuk dan mata masih buram. Bila kebiasaan buruk yang dipelihara, bersiaplah merasakan dampak negatifnya, termasuk masalah berat badan.

Lantas apa saja kebiasaan pagi yang ternyata bikin gemuk?

Tidur Terlalu Lama 

Sebuah studi di jurnal PLOS One menemukan seseorang yang tidur lebih dari 10 jam dalam semalam, memiliki risiko kenaikan berat badan lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidur tujuh hingga delapan jam dalam semalam. 

Itu disebabkan tubuh memiliki waktu yang kurang untuk membakar kalori, dari bergerak, terkena sinar matahari, dll. Dengan terlalu lama berbaring di atas kasur, membuat tubuh mengubah kalori menjadi lemak. 

Kurang Terkena Sinar Matahari 

Sinar matahari yang terpancar di pagi hari itu mengandung vitamin d yang terkenal bagus untuk kesehatan tulang. Selain itu, dengan rutin berjemur di bawah sinar matahari pagi saja dapat menurunkan berat badan.

Pernyataan itu hadir dari sebuah penelitian dalam jurnal PLOS One, yang mendapatkan bahwa dengan hanya berjemur selama 20 hingga 30 menit di waktu pagi, dapat mempengaruhi penurunan berat badan seseorang. 

Itu terjadi karena dengan terkena panas sinar matahari di waktu pagi, kandungan sel lemak putih yang berada di bawah kulit akan terbakar. Namun akan lebih baik lagi jika kamu berjemur sambil melakukan gerakan olahraga. 

Tidak Terbiasa Merapikan Tempat Tidur 

Mungkin kamu merasa bingung saat awal membacanya, apa hubungannya tidak terbiasa merapikan tempat tidur, dapat menambah berat badan? Ini bisa terjadi karena saat kamu terbiasa menata tempat tidur di pagi hari, akan memunculkan perilaku baik lainnya. Seperti mengemas makan siang yang sehat, mampu mengontrol hawa nafsu untuk tidak mengonsumsi junk food, dan lain-lain

Survei National Sleep Foundation menemukan bahwa tidur dalam kondisi tempat tidur yang rapi, membuat 19 persen tidur lebih nyenyak dibanding mereka yang tidur dengan kondisi kasur yang berantakan. 

Melewati Waktu Sarapan 

Mungkin kamu sering mendengar, “Jangan keseringan sarapan, bikin gemuk,” ini keliru, Ya! Sarapan adalah waktu yang tidak kamu lewati di pagi hari. Sebab, saat kamu melewati waktu makan pagi justru akan memicu rasa lapar yang berlebih, dan makan jadi tidak terkontrol di waktu siang. 

Itulah beberapa kebiasaan pagi yang harus kamu hindari, untuk terhindar dari masalah kelebihan berat badan.

SIlahkan konsultasikan dengan dokter kami di UniMedika Setu Bekasi untuk mendapatkan informasi tentang Kesehatan atau kunjungi www.unimedika.com   (***)

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami