Artikel

Ini Tujuan dan Fungsi Layanan Ambulans Gawat Darurat

01 Jan 2022

Ambulans berfungsi sebagai sarana evakuasi medik yang merupakan bagian dari pelayanan kesehatan dan Sistem Penanggulan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT). Layanan ambulans juga sebagai bagian integral dari pelayanan kesehatan. 

Bagi Anda warga sekitar Cirebon yang membutuhkan layanan ambulans gawat darurat, perlu diketahui kalau ambulans jenis ini dilengkapi petugas dengan kompetensi dan peralatan tertentu yang berbeda dari ambulans transport. 

Ambulans gawat darurat dapat berupa mobil yang dilengkapi dengan alat kesehatan dan spesifikasi khusus lainnya untuk menangani kondisi khusus. Seperti, pasien infeksius, pasien perawatan intensif, pasien psikiatri dan kondisi khusus lainnya. Termasuk daerah terpencil.

Secara terminologi, ambulans adalah suatu kendaraan untuk memindahkan orang sakit atau cedera ke suatu tempat untuk mendapatkan pengobatan. Kendaraan tersebut dilengkapi dengan lampu tanda darurat dan sirine. 

Ambulans digunakan untuk kepentingan urgent maupun non urgent dengan jenis kendaraan yang bervariasi. Termasuk truck, van, bus, kereta api, station wagon, sepeda motor, helikopter, pesawat terbang, dan kapal. 

Ambulans merupakan alat transportasi yang digunakan untuk mengangkut pasien yang dilengkapi dengan peralatan medis sesuai dengan standar.

Pelayanan ambulans berada dalam SPGDT khususnya pra rumah sakit dan antar rumah sakit. Sehingga semua kegiatan ambulans harus terkoneksi dengan sistem tersebut dan ditunjang sistem komunikasi dan informasi yang andal.

Sedangkan tujuan penggunaan ambulans ialah, untuk pertolongan penderita gawat darurat pra rumah sakit dan antar fasilitas pelayanan kesehatan, pengangkutan penderita gawat darurat dari lokasi kejadian ke tempat tindakan definitif atau ke rumah sakit dan sebagai kendaraan rujukan.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami