Artikel

Lakukan Hal Ini agar Badan Tetap Sehat Saat Lebaran

02 May 2022

Kini saatnya umat Islam merayakan Hari Raya Idul Fitri. Hari kemenangan yang juda lazim disebut Lebaran ini tentunya menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi semua umat Islam di dunia. Pada hari inilah umat Islam menjalankan tradisi berkumpul bersama keluarga untuk saling silaturahim dan bermaaf-maafkan.

Namun, supaya badan tetap sehat dan tidak drop saat merayakan Lebaran, ada beberapa kiat yang dapat kita lakukan, di antaranya: 

Hindari Kalap Makan

Saat Lebaran tiba, ini artinya Anda telah terlepas dari kewajiban berpuasa Ramadan dan bisa kembali menyantap hidangan favorit seperti biasanya. Terlebih, momen makan bersama keluarga saat Lebaran biasanya terasa sangat nikmat dan intim. Saking nikmatnya, Anda mungkin tidak sadar sudah makan terlalu banyak. Hati-hati, kalap makan saat Lebaran bisa membuat perut terasa begah, kembung, dan memicu gangguan pencernaan lainnya. Bahkan, hal ini bisa membuat berat badan naik saat Lebaran.

Usahakan makan sedikit demi sedikit untuk menghindari masalah pencernaan saat Lebaran. Gunakan prinsip ‘makan porsi kecil tapi sering’ supaya perut Anda tidak kaget dengan perubahan pola makan setelah berpuasa Ramadan.

Hindari Konsumsi Gula dan Santan Berlebihan

Lebaran memang identik dengan banyaknya sajian makanan enak. Mulai dari opor ayam, sambal goreng kentang, sate ayam, telur balado, rendang, dan sebagainya. Belum lagi dengan kue-kue dan makanan manis yang sayang untuk dilewatkan.

Kalau diperhatikan, hampir sebagian besar makanan Lebaran mengandung santan dan gula. Jika dikonsumsi terlalu banyak, hal ini tentu bisa membuat kadar kolesterol dan gula darah Anda melonjak saat Lebaran. Maka tak heran jika Anda jadi pusing dan mual setelah menyantap makanan khas Lebaran. Anda boleh saja mengonsumsi opor ayam atau rendang saat Lebaran, tapi tetap batasi porsinya. Dengan demikian, Anda tetap bisa makan enak tapi juga tetap sehat selama Lebaran.

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Walaupun banyak godaan yang datang dari makanan berlemak dan tinggi gula, tetap seimbangkan dengan konsumsi sayur dan buah-buahan. Ini karena berbagai sayur dan buah mengandung kaya vitamin serta mineral, sehingga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Kandungan seratnya yang tinggi juga bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Sistem pencernaan Anda pun juga lebih lancar, sehingga Anda terhindar dari sembelit saat Lebaran. 

Perbanyak Minum Air Putih

Momen Lebaran sering dijadikan momen pesta makan. Bukan cuma dari segi makanannya saja yang enak, minuman yang disajikan pun biasanya berwarna-warni dan menggugah selera. Mulai dari es sirup, es kopyor, es kelapa muda, dan sebagainya.

Selama berpuasa kemarin, tubuh Anda rentan mengalami kekurangan cairan. Ketika Anda terlalu banyak minum minuman manis, kandungan gulanya justru membuat Anda semakin haus dan cepat dehidrasi.

Oleh karena itu, sebaiknya tetaplah utamakan minum air putih saat Lebaran. Bukan cuma melegakan dahaga, air putih dapat membantu mengembalikan hidrasi tubuh lebih cepat. Sedangkan bila Anda banyak minum es sirup, kandungan gulanya justru bisa meningkatkan kadar gula darah Anda.

Anda boleh saja minum es sirup atau minuman khas Lebaran lainnya, tapi tetap batasi jumlahnya. Setelah minum es sirup, segera netralkan dengan minum air putih supaya tubuh tetap sehat saat Lebaran.

Tetap Olahraga

Momen Lebaran bukanlah halangan bagi Anda untuk tetap berolahraga. Hal ini tak kalah penting untuk menjaga kesehatan Anda saat Lebaran. Olahraga dapat melepaskan hormon endorfin, hormon kebahagiaan yang dapat memperbaiki suasana hati Anda saat Lebaran. Tubuh akan terasa lebih bugar dan membuat Anda tidak gampang sakit.

Tenang, Anda tak perlu repot-repot pergi ke tempat gym atau berolahraga terlalu berat. Lakukan olahraga ringan seperti jogging ke lingkungan sekitar rumah, naik-turun tangga, push-up, sit-up, atau senam. 

Jika terjadi penurunan Kesehatan Anda atau keluarga silahkan melakukan medical check up di bekasi pada UniMedika Setu Bekasi dengan mengunjungi www.unimedika.com untuk buat janji dokter di bekasi atau bisa datang langsung telpon call center.(*)

 

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami