Artikel

Mengenal Pelayanan Haemodialisa di Rumah Sakit UniMedika Bekasi

29 May 2022

HEMODIALISA atau dalam bahasa awamnya disebut cuci darah. Hemodialisa merupakan tindakan medis yang menggunakan mesin cuci darah sebagai pengganti fungsi ginjal yang tidak bekerja secara normal. Layanan cuci darah ini juga tersedia di Rumah Sakit Unimedika Bekasi yang berlokasi di Jalan Raya Setu No. 99 RT 003/RW 001, Lubangbuaya, Setu, Bekasi, Jawa Barat.

Layanan hemodialisa ini didukung tenaga kesehatan yang sudah berpengalaman seperti dokter spesialis penyakit dalam, dokter umum, serta perawat yang terampil, mahir, dan bersertifikat. Layanan hemodialisa di Rumah Sakit Unimedika Bekasi mampu memberikan kenyamanan dan keamanan untuk pasien selama menjalani terapi ini.

Umumnya, pelayanan hemodialisa (HD) terdiri dari HD rutin (maintenance hemodialysis) dan HD akut. Pelayanan HD rutin diberikan kepada Pasien Ginjal Kronis (PGK) stadium 5 dalam kondisi yang stabil dan telah disetujui untuk mendapatkan terapi pengganti ginjal rutin.

Sedangkan pelayanan HD akut diberikan kepada pasien dalam kondisi yang tidak stabil, yaitu pasien PGK maupun bukan PGK, yang dikarenakan kondisi tertentu mengalami penurunan fungsi ginjal mendadak sehingga memerlukan dialisis.

Prosedur/Sistem Hemodialisis

Bertujuan untuk mengalirkan darah masuk ke dalam kompartemen darah dan mengalirkan dialisat masuk ke dalam kompartemen dialisat di kedua sisi yang bersebelahan dari membran semi permeabel di dalam dialiser, sehingga terjadi proses hemodialisis, yaitu proses pemisahan melalui difusi, ultrafiltrasi, dan osmosis.

Akses Vaskular

Sebelum hemodialisis dilakukan, maka hal terpenting yang harus dimiliki adalah akses vaskular. Akses darah/pembuluh darah/akses sirkulasi = Sarana Hubungan Sirkulasi (SHS). Akses vaskular yang adekuat (baik) adalah akses vaskular yang dapat memberikan aliran darah minimal 200-300 mL/menit. Akses tersebut memerlukan perawatan agar bebas dari infeksi, stenosis tromboembolik, dan aneurisma.

Pembuatan akses vaskular pada pasien pra-HD sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya setelah mendapat penjelasan dari dokter dan pasien menyatakan persetujuannya.

Ada dua macam akses vaskular, yakni akses vaskular permanen (av shunt/cimino) dan akses vaskular temporer.

Yang dimaksud dengan akses vaskular temporer adalah akses vena femoralis, akses vena jugularis interna, dan akses vena subklavia.

Rumah Sakit Unimedika di Bekasi memiliki pelayanan haemodialisa, dokter penyakit dalam, dokter umum dan pelayanan kesehatan terbaik. Silahkan kunjungi website kami www.unimedika.com untuk mengetahui jadwal dokter, buat janji dokter di bekasi dan fasilitas rumah sakit. (*)

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami