Artikel

Mengenali Dan Cara Mengatasi Kepala Pusing

28 Feb 2022

Saat merasakan kepala pusing itu merupakan gejala karena adanya suatu penyakit tertentu atau kondisi kesehatan lainnya. Penyebab pusing yang dirasakan setiap orang berbeda-beda. Tapi, pusing bukan pertanda dari suatu penyakit yang berbahaya. Di bawah ini akan diuraikan mengenai tanda sering pusing dan cara mengatasinya.

Tanda dan Gejala Pusing

Jika mengalami kepala pusing, biasanya ditandai dengan beberapa hal, seperti:

- Kondisi di sekitar terasa seperti berputar

- Kepala terasa berat

- Merasa akan pingsan

- Merasa seperti melayang atau hilang keseimbangan

Selain itu, pusing juga dapat disertai gejala lain, seperti lemas, mual, muntah, dan keringat dingin. Berbagai keluhan pusing bisa dialami berbeda-beda setiap orang tergantung dari penyebabnya.

Penyebab Kepala Sering Pusing

Biasanya Anda akan merasakan pusing setelah berdiri atau duduk terlalu cepat, berolahraga dengan intensitas tinggi, dan tubuh berputar dengan cepat. Kondisi yang dialami ini jarang menunjukkan keadaan darurat medis. Tapi, penyebabnya bisa terjadi antara perubahan fisik yang bersifat sementara hingga kondisi medis yang lebih serius. Berikut ini beberapa penyebab kepala sering pusing, yaitu:

1. Gula Darah Rendah

Saat gula darah turun ke angka yang terlalu rendah, bisa menyebabkan kepala pusing. Lalu juga bisa merasa lapar, gemetaran, berkeringat, dan kebingungan. Hipoglikemia terjadi saat Anda melewatkan makan, mengonsumsi alkohol berlebihan, ketidakseimbangan hormon, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu (insulin dan aspirin).

2. Stres

Saat stres, otak melepaskan hormon yang memengaruhi sistem pernapasan dan kardiovaskular. Hormon tersebut dapat mempersempit pembuluh darah, meningkatkan denyut jantung, dan menyebabkan pernapasan menjadi dangkal. Apabila stres berkepanjangan, maka dapat mengalami sering pusing, sakit kepala, nyeri dada, sulit tidur, sulit berkonsentrasi, dan mual.

3. Kepanasan dan Dehidrasi

Bila Anda sering beraktivitas di luar rumah dan dalam cuaca panas, atau jika tubuh tidak mendapat cukup cairan, maka dapat merasakan sering pusing karena kepanasan atau dehidrasi. Saat kepanasan atau dehidrasi, otak tidak akan mendapat cukup oksigen sehingga menyebabkan pusing, kelelahan, dan haus.

4. Vertigo

Ketika Anda merasakan kepala berputar dan hilang keseimbangan, ini merupakan gejala utama vertigo. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya kelainan dalam proses pengiriman sinyal saraf dari mata menuju ke otak, yang diteruskan ke arah telinga bagian dalam.

5. Tekanan Darah Menurun

Saat tekanan darah turun secara drastis bisa menyebabkan sering pusing, kehilangan keseimbangan, dan merasa akan pingsan. Tekanan darah rendah ini dapat terjadi setelah duduk atau berdiri terlalu cepat. Penyebab lain terjadinya perubahan tekanan darah juga bisa karena dehidrasi, kehilangan darah, reaksi alergi, dan mengonsumsi obat-obatan tertentu.

6. Kolesterol Tinggi

Kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang tinggi bisa menyebabkan pembentukan plak di pembuluh darah atau aterosklerosis. Terbentuknya plak membuat pembuluh darah tidak elastis, menyempit dan akan terganggu menghantarkan oksigen ke organ, termasuk ke otak sehingga akan menyebabkan pusing.

Cara Mengatasi Sering Pusing

Saat menderita kepala sering pusing, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Tapi sebaiknya jika mengalami sering pusing segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut ini beberapa cara mengatasi sering pusing, yakni:

- Tes Kolesterol dan Gula Darah

Dengan melakukan tes secara rutin bisa membantu mencegah komplikasi, di antaranya serangan jantung dan stroke.

- Mengonsumsi Obat

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sering pusing adalah dengan mengonsumsi obat, seperti meclizine atau antihistamin yang bisa membantu meredakan pusing atau mual.

- Makan Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur, buah, dan protein tanpa lemak, bisa membantu mencegah pusing.

- Minum Air Putih

Kemudian cara berikutnya yang juga dapat dilakukan yakni dengan mengonsumsi air putih secara rutin. Minumlah air putih sekitar delapan gelas sehari, tidur yang cukup, dan hindari stres.

- Hindari Konsumsi Kafein, Alkohol, dan Tembakau

Zat-zat yang ada di dalam kafein, alkohol, dan tembakau dapat memperparah pusing yang dialami, disarankan untuk menghindari zat-zat tersebut.

- Hindari Mengganti Posisi Tubuh secara Tiba-tiba

Yang juga tak kalah penting dalam mengatasi pusing adalah menghindari mengganti posisi tubuh secara tiba-tiba. Karena dapat memperburuk pusing. Jika ingin mengganti posisi tubuh, lakukan dengan perlahan.

- Istirahat

Selanjutnya adalah dengan beristirahat. Duduk dan berbaring dengan segera hingga pusing hilang. Hal ini bisa mencegah Anda terjatuh atau mengalami cedera karena hilangnya keseimbangan.

Demikian penjelasan mengenai tanda sering pusing dan cara mengatasinya. Disarankan untuk berkonsultasi ke dokter jika mengalami sering pusing berkepanjangan, agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Untuk konsultasi lebih lanjut bisa datang ke rumah sakit UniMedika Sumber waras Cirebon atau kunjungi website kami www.unimedika.com untuk membuat janji.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami