Artikel

Pahami Menopause dan Cara Pencegahan Menopause

17 Oct 2021

Perlu Anda Ketahui Tentang Menopause dan Pencegahannya

Menopause adalah proses alami dengan penanganan yang berfokus pada gejala. Kekeringan vagina dapat ditangani dengan pelumas topikal atau hormon estrogen. Pengobatan dapat mengurangi keparahan dan frekuensi hot flash. Dalam keadaan khusus, terapi hormon oral dapat digunakan.

Apa ciri ciri wanita menopause?

  • Perubahan Fisik.
  • Haid Tidak Teratur Seperti Biasanya.
  • Sulit Tidur.
  • Sering Berkeringat dan Mengalami Hot Flashes.
  • Penurunan Daya Ingat.
  • Lebih Emosional dan Sensitif.
  • Mudah Mengalami Nyeri Sendi dan Otot.

Apakah menopause itu berbahaya?

Menopause membuat kepadatan tulang wanita menurun. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko patah tulang dan penyakit osteoporosis. Selama menopause, wanita juga kehilangan massa otot lebih tinggi ketimbang sebelum menopause. Selain itu, sendi wanita yang menopause juga kerap kaku dan sakit.

Berapa usia menopause wanita?

Menopause adalah berakhirnya siklus menstruasi secara alami, yang biasanya terjadi saat wanita memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Seorang wanita dikatakan sudah menopause bila tidak mengalami menstruasi lagi, minimal 12 bulan.

Berapa lama haid menjelang menopause?

Ini umum terjadi pada tahap awal perimenopause, seperti 2-3 hari lebih singkat dibandingkan dengan durasi haid biasanya. Siklusnya pun bisa jadi hanya 2-3 minggu sebelum haid selanjutnya datang. Di sisi lain, ada juga kemungkinan siklus haid menjadi lebih lama, yaitu lebih dari 38 hari.

Apa keluhan menopause?

Menjelang dan selama menopause, wanita akan menjadi lebih mudah tersinggung dan sedih, merasa cepat lelah dan tidak bersemangat, serta lebih mudah cemas dan mengalami mood swing. Selain tanda-tanda menopause di atas, beberapa wanita juga mungkin akan mengalami keluhan berupa: Nyeri otot. Tulang lebih rapuh.

Apakah menopause Bisa Terjadi di usia Muda?

Menopause dini atau insufisiensi ovarium prematur adalah menopause yang terjadi pada wanita berusia 30-an atau di bawah usia 40. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa menopause adalah kondisi ketika ovarium berhenti memproduksi telur, dan menghasilkan hormon estrogen dalam jumlah yang rendah.

Apa Penyebab Cepat menopause?

Menopause dini juga bisa disebabkan oleh penyakit kronis, tumor pada kelenjar hipofisis dan hipotalamus, gangguan psikis, serta penggunaan obat-obatan. Tak hanya itu, beberapa penyakit lain seperti HIV/AIDS, rheumatoid arthritis, sindrom Turner, dan sindrom kelelahan kronis juga dapat menyebabkan menopause dini.

Bagaimana cara agar tidak cepat menopause?

Berikut adalah tips agar tidak cepat menopause.

  • Olahraga teratur. 
  • Mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan gizi,
  • Menjaga pola tidur. 
  • Mengonsumsi kalsium dan vitamin D. 
  • Berhenti merokok. 

Lakukan rutin medical check up untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda. UniMedika Setu Bekasi selalu ada untuk anda. Kunjungi webite www.unimedika.com untuk membuat janji.

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami