Artikel

Pelayanan UGD 24 Jam di Rumah Sakit Bekasi Unimedika

22 May 2022

PELAYANAN Unit Gawat Darurat (UGD) adalah salah satu bagian di rumah sakit yang menyediakan penanganan awal bagi pasien yang menderita sakit dan cedera, yang dapat mengancam kelangsungan hidupnya. Setiap rumah sakit pasti memiliki layanan UGD yang melayani pelayanan medis selama 24 jam. 

Begitu juga RS Unimedika yang berada di Jalan Raya Setu No. 99 RT 003/RW 001, Lubangbuaya, Setu, Bekasi, Jawa Barat. Rumah sakit ini memiliki layanan UGD 24 jam dengan beberapa dokter umum yang melayaninya.

UGD 24 jam melayani kasus-kasus khususnya gawat darurat. Bagi pasien yang tergolong emergency (akut) akan langsung dilakukan tindakan menyelamatkan jiwa pasien (life saving). Bagi pasien yang tergolong tidak akut dan gawat akan dilakukan pengobatan sesuai dengan kebutuhan dan kasus masalahnya.

Rumah Sakit Unimedika Setu Bekasi juga dilengkapi Trauma Center (pusat trauma). Layanan ini dilengkapi dengan staf untuk memberikan perawatan bagi pasien yang menderita luka traumatis utama seperti jatuh, tabrakan kendaraan bermotor atau luka tembak. Pusat trauma juga dapat merujuk ke bagian gawat darurat tanpa adanya layanan khusus untuk merawat korban trauma besar.

Layanan UGD digunakan untuk menangangi pasien dalam kondisi yang darurat dan butuh penanganan segera. Bedanya, instalasi gawat darurat atau IGD, ukurannya lebih besar dibandingkan dengan unit gawat darurat (UGD).

Di IGD, alat yang digunakan dan dokter yang berjaga pun lebih lengkap dari sisi spesialisasi. Sementara di UGD, yang berjaga adalah dokter umum dengan jenis alat yang relatif terbatas. Karena diperuntukkan perawatan darurat, maka kedua ruangan ini harus dibuka selama 7 hari seminggu selama 24 jam sehari.

Ruang UGD harus mampu digunakan tim medis untuk melakukan diagnosis dan penanganan gangguan pernapasan dan sirkulasi, melakukan penilaian terhadap kecacatan penggunaan obat serta mengoperasikan alat kejut jantung serta rekam jantung. Juga melakukan observasi dan stabilisasi kondisi pasien, layaknya di ruang perawatan serta ruang resusitasi. Selain itu, melakukan tindakan operasi atau tindakan darurat lainnya. 

UniMedika setu Bekasi memiliki layanan UGD di bekasi serta kamar ICU di bekasi bertaraf internasional. Silahkan menghubungi layanan rumah sakit darurat di bekasi dan layanan ambulans gawat darurat di bekasi melalui website www.unimedika.com maupun datang ke Rumah sakit di bekasi Unimedika Setu Bekasi(*)

Artikel Lainnya

Cari Dokter & Buat Janji


Kontak Kami